Mei 5, 2015

Tentang CLFest 2022

Forum Kajian dan Penelitian Hukum (FKPH) Fakultas Hukum Universitas Brawijaya bermaksud mengadakan kegiatan Constitutional Law Festival 2022 yang meliputi Kompetisi Artikel Ilmiah Mahasiswa Piala Bergilir Prof. Abdul Mukhtie Fadjar, Kompetisi Perancangan Undang-Undang Piala Bergilir Prof. Achmad Sodiki, Kompetisi Infografis Hukum Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, dan Webinar Hukum Nasional. Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu menampung seluruh aspirasi mahasiswa hukum   se-Indonesia dalam sebuah agenda yang dirancang untuk meningkatkan kreativitas, jiwa sportivitas, daya saing, serta solidaritas antar sesama dalam merumuskan suatu ide pemecahan permasalahan untuk mewujudkan fungsi Mahkamah Konstitusi dalam Pembangunan Hukum Nasional yang diharapkan dapat menjadi aksi solutif terhadap permasalahan mengenai mulai lunturnya aktualisasi dari nilai-nilai konstitusi dalam penerapan dan pelaksanaan politik di Indonesia .

TUJUAN

Tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan Constitutional Law Festival 2022” ini meliputi :

  1. Mendiseminasi informasi dan pengetahuan mahasiswa terhadap pentingnya aktualisasi nilai-nilai konstitusi dalam berpolitik, sebagai upaya mewujudkan negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai konstitusi sosial di era masyarakat hukum Indonesia saat ini.
  2. Menciptakan mahasiswa berbudaya konstitusi yang sadar akan hukum, bersikap kritis, analitis, dan solutif terhadap permasalahan bangsa.
  3. Menumbuhkembangkan kemampuan mahasiswa dibidang penalaran dan penelitian dalam lingkup penulisan hukum.
  4. Mendorong para pembuat kebijakan untuk menjadikan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sesuai dengan nilai konstitusi yang mencakup semua kalangan untuk pengaturan keberlakuan sistem politik masyarakat yang bermartabat.
  5. Memperkenalkan fungsi Mahkamah Konstitusi dalam Pembangunan Hukum Nasional  kepada seluruh masyarakat khususnya civitas akademika seluruh Indonesia.

SASARAN

Civitas akademika perguruan tinggi se-Indonesia yang meliputi:

  • Peserta Kompetisi Artikel Ilmiah
  • Peserta Kompetisi Perancangan Undang-Undang
  • Peserta Kompetisi Infografis Hukum
  • Peseta Webinar Hukum Nasional

TEMA KEGIATAN

“Peran Mahkamah Konstitusi Dalam Penyelesaian Konflik Hukum Demi Peradilan Yang Agung”

 BENTUK KEGIATAN

Kegiatan ini terdiri dari 5 (lima) rangkaian kegiatan, antara lain:

  1. Opening Ceremony
  2. Kompetisi Artikel Ilmiah Mahasiswa Piala Bergilir Prof. Abdul Mukhtie Fadjar
  3. Kompetisi Perancangan Undang-Undang Piala Bergilir Prof. Achmad Sodiki
  4. Kompetisi Infografis Hukum Mahasiswa Constitutional Law Festival
  5. Closing Ceremony dan Webinar Hukum Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *